Minggu, 24 Februari 2013

Sebaiknya Hindari Konsumsi Lemak Berlebihan



 Makanan yang mengadung lemak tinggi pasti kaya kolesterol, yang notabene kolesterol jahat. Uniknya, makanan tersebut pasti enak dan menarik untuk mengkonsumsinya. Bahkan sekali mencicipi akan menimbulkan rasa ketagihan. Sebenarnya kolesterol itu sendiri dibutuhkan oleh tubuh kita. Lalu bagaimana menyikapinya? Apamengkonsumsi makanan berlemak yang mengandung kolesterol itu hal yang salah? Jawabannya adalah bisa salah bisa tidak.

Seperti yang dikemukan di atas, kolesterol itu dibutuhkan tubuh tetapi apabila kita mengkonsumsinya secara berlebihan barulah dikatakan salah. Oleh karena itu Hindari Konsumsi Lemak Berlebihan karena kolesterol yang berlebihan akan membahayakan tubuh karena dapat memicu radikal bebas. Kolesterol dalam tubuh sebenarnya sudah ada pada unsur-unsur lemak darah. Sekitar 75-80% kolesterol diproduksi oleh sel-sel lever dan sekitar 20-25% berasal dari makanan yang kita konsumsi.
Dengan demikian kita tidak perlu berdalih karena untuk memenuhi kebutuhan kolesterol tubuh, kita mengumbar nafsu mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Dan perlu diingat bahawa salah satu penyakit yang sukar dicari obatnya adalah kolesterol tinggi. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Menurut seorang peneliti kesehatan bernama steinberg, bahwa tingginya kolesterol jahat (LDL) bisa menyebabkan aterosklerosis. Semakin tinggi kolesterol jahat (LDL) semakin banyak pula arteri tubuh manusia terinfiltrasi sehingga tertimbun disana. Lemak berlebih tersebut menumpuk pada dinding pembuluh darah serta mengganggu peredaran darah. Penumpukan lemak berlebih tersebut menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengganggu pasokan/suplai oksigen dalam tubuh. Sehingga kadar oksigen dalam darah berkurang dan timbul gejala akibat kurangnya suplai oksigen seperti kesemutan, sakit kepala dan badan pegal-pegal.


 Namun biasanya gejala itu jarang disadari orang dari akibat kolesterol berlebih. Apabila hal ini dibiarkan secara terus-menerus tak mustahil jika orang akan terserang penyakit jantung koroner meskipun ini banyak terjadi pada pria berusia lanjut dan berbadan gemuk. Selain itu banyak penyakit yang dipicu oleh kelebihan kolesterol jahat (LDL) seperti resiko stroke, asam urat, hipertensi, obesitas dan beberapa penyakit lainnya.
Lalu bagaimana cara mengatasainya dan menghindari konsumsi lemak berlebihan? Adakah solusi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu saja anda harus berkonsultasi dengan pakar kesehatan yang lebih tahu daripada penulis. Tetapi disini akan saya informasikan secara umum bagaimana solusinya.
1.    Mengatur pola makan
2.    Lakukan pemeriksaan kolesterol secacar rutin
3. Menurunkan kadar kolsterol jahat (LDL) dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL)
4.    Menerapkan pola hidup sehat
5.    Mengkonsumsi antioksidal sebagai penetral radikal bebas
6.    Olahraga secara teratur
 Semoga tulisan singkat mengenai Hindari Konsumsi Lemak Berlebih ini bisa menambah informasi dan wawasan anda tentang dunia kesehatan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar