Rabu, 27 Februari 2013

Seksi Dengan Olahraga Pilates


 Wanita mana yang tidak mau memiliki tubuh seksi dan proporsional? Namun bagaimana caranya? Tak sedikit wanita yang ingin tubuhnya seksi dan proporsional dengan cara-cara instan. Misalnya metode suntik atau operasi sedot lemak, tapi kedua cara di atas saya rasa bukanlah hal yang tepat karena tidak ada yang instan untuk memiliki tubuh seksi dan proporsional. Kali ini coretanQ akan sekedar berbagi informasi mengenai cara yang lebih sehat dan aman jika ingin memiliki tubuh seksi dan proporsional. Cara apakah itu? Yaitu dengan melakukan olahraga Pilates.
Pilates merupakan metode olahraga yang dikembangkan oleh Joshep Hubet Pilates (Jerman) sejak awal abad ke-20. Metode ini memfokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh dan memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang. Selain itu Pilates juga bisa meningkatkan sirkulasi dan membantu untuk mengukir tubuh dan memperkuat ”inti tubuh” atau ”kelompok besar” tubuh. Orang yang melakukan Pilates secara teratur akan memiliki postur tubuh yang lebih baik.
Olahraga mempunyai segudang manfaat, termasuk Pilates ini. Bukan hanya manfaat fisik tetapi juga manfaat jiwa. Orang yang melakukan Pilates akan merasakan ketenangan serta merasakan rileks setelah melakukan olaharaga ini. Menurut beberapa survey olahraga Pilates digemari karena manfaatnya dan menguatkan tubuh, menambah daya tahan, melangsingkan tubuh, dan membuat segala sesuatu mudah dilakukan dengan pelan dan anggun. Bukan hanya itu saja, latihan Pilates bisa juga dimodifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Selain manfaat diatas, pilates juga memberikan manfaat lain seperti dibawah :
  1. Pilates dapat meningkatkan kesadaran tubuh. Maksudnya adalah membuat tubuh kita sadar melakukan apapun. Misalnya saat kita duduk didepan komputer atau laptop terlalu lama berjam-jam, disini kita diajarkan untuk duduk secara benar agar tidak membuat menjadi sakit/cedera.
  2. Pilates meningkatkan kekuatan ini. Maksudnya adalah bahwa Pilates akan membuat perut menjadi kuat. Tentu saja karena dalam Pilates perut adalah pusat segala energi.
  3. Pilates meningkatkan kemampuan mengendalikan tubuh. Maksudnya adalah dengan pilates akan membiasakan diri kita melakukan sesuatu dengan terkontrol

Sebenarnya gerakan pilates tidak hanya dilakukan di tempat-tempat fitnes atau body building ataupun tempat senam. Pilates juga bisa dilakukan sendiri dirumah. Perlu diingat sebelum latihan pilates lakukan dulu pemanasan dan jangan lupa setalah latihan pilates lakukan pendinginan. Saat melakukan gerakan pilates usahakan jangan memantul-mantul dan pada waktu latihan tariklah otot-otot perut ke dalam.
  1. Gerakan-gerakan pilates yang bisa dilakukan sendiri dirumah adalah
  2. Peregangan kedua kaki. Latihan ini dapat menguatkan otot-otot perut dan pinggang
  3. Gerakan dada. Latihan ini dapat menguatkan otot-otot punggung atas dan tengah, bahu, dada, perut, dan ekstensor punggung.
  4. Berlutut menendang ke samping. Latihan ini menguatkasn otot- pinggul bagian atas, bagian belakang dan depan serta memperbaiki perimbangan dan koordinasi.
  5. Tiduran miring dan menggunting. Latihan ini menguatkan otot-otot kuadrisep (paha depan), hamstring (paha belakang), pantat, pinggul dan paha bagian dalam serta memperbaiki perimbangan.
  6. Pilates push-up. Latihan ini menguatkan otot-otot dada, bahu depan, trisep (lengan bagian belakang), perut, otot ekstensor punggung.
 Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengunjungi studio khusus pilates. Disana akan dijelaskan lebih rinci tentang latihan pilates ini. Demikian informasi mengenai Ingin Seksi? Coba Lakukan Pilates semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar