Minggu, 24 Februari 2013

Hipertensi Berpotensi Kematian

 Tahukah anda bahwa menurut data PBB pada tahun 2008, lebih dari seperempat penduduk dunia menderita penyakit tekanan darah tinggi atau biasa disebut Hipertensi. Tahun 2008 saja sudah begitu banyak, bagaimana dengan tahun 2013 ini dan tahun-tahun berikutnya? Jawaban yang mudah mungkin akan lebih dari itu seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia dari tahun ke tahun. Yang tepenting dan mengkhawatirkan bahwa penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) bisa menimbulkan kematian penderita.
Tekanan darah bisa dikatakan tinggi tentu saja apabila berada diatas batas normal yaitu lebih tinggi dari 140/90mmHg yang normalnya adalah 120mmHg. Angka-angka tersebut didapat dari perbandingan tekanan sistolik dan diastolik. Apa itu? Sistolik merupakan tekanan yang dibuat jantung saat memompa darah ke arteri. Sedangka diastolik merupakan tekanan pada arteri disaat jantung istirahat diantara dua denyut. Penyaki hipertensi (tekanan darah tinggi) apabila ditinjau dari sudut pandat penyebab dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
  1. Hipertensi Primer, hipertensi jenis ini tidak diketahui penyebabnya tetapi sekitar 90% penderita termasuk dalam jenis ini.
  2. Hipertensi Sekunder, hipertensi jenis ini dapat diketahui penyebabnya seperti kelainan pembuluh darah ginjal, tiroid, dan kelenjar adrenal
Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal antara lain mengoreksi gaya hidup yang meliputi pembatasan asupan garam, diet kolesterol dan lemak jenuh, penurunan berat badan, pembatasan konsumsi alkohol dan kopi, menjauhi stress, tidak merokok dan rajin berolahraga. Perlu diwaspadai juga penyakit ini bisa muncul tanpa harus diawali dengan keluhan. Karena itulah Penyaki hipertensi (tekanan darah tinggi) disebut juga silent killer. Mengingat hal tersebut pengobatannya sangat penting dilakukan dengan tepat. Bila tidak ditangani secara tepat, maka penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) berpotensi menimbulkan penyakit jantung kardivaskuler dan stroke. Saat ini tiap tahun diperkirakan 17 juta orang terkena serangan penyakit jantung dan stroke.
Sebagai langkah preventif atau pencegahan yang paling utama dilakukan adala menjaga pola makan, berolahraga teratur, menjaga mood agar pikiran tidak stres. Berkaitan dengan pola makan, hipertensi (tekanan darah tinggi) sering sebabkan oleh meningkatnya kandungan darah seperti gula darah, kolesterol, dan asam urat. Bila ketiga kandungan tersebut meningkat, potensi untuk meningkatnya tekanan darah juga tinggi. Dan ini biasanya berlanjut dengan munculnya gangguan pada jantung bila tak segera ditangani. Sebagai langkah pencegahan selain yang saya sebutkan diatas, sebaiknya konsumsi zat-zat alami yang bersifat antioksidan dan secara berkala memeriksakan tekanan darah anda.

0 komentar:

Posting Komentar