Rabu, 27 Februari 2013

Pengertian Kesehatan Mental

Pengertian Kesehatan MentalPengertian Kesehatan Mental. Manusia merupakan kesatuan jiwa dan raga. Akal merupakan aset manusia yang sangat berharga yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Manusia merupakan makhluk individual, makhluk sosial sekaligus makhluk berkeTuhanan. Pembinaan mental bagi seseorang memang diperlukan dengan tujuan agar orang tersebut bermental baik (bermoral, jujur, terpercaya, bertanggung jawab dan disiplin) dalam melaksanakan perkerjaan maupun kegiatan sehari-hari dalam lingkungan.
Menurut Webster Dictionary, Mental merupakan way of thinnking yang artinya berkenaan dengan pikiran/gangguan saraf/kejiwaan. Sedangkan menurut Purwodarminto, Mental merupakan way of sense. Dari berbagai pengertian dapat disimpilkan bahwa Mental merupakan cara berfikir dan berperasaan berdasarkan nurani yang tercermin pada perilaku seseorang. Lebih lanjut mental yang sehat memang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari agar terjadi keselarasan, keserasian dan keseimbangan hidup. Untuk itu Dr. Zakiah Daradjat (1996) memberikan pengertian mengenai kesehatan mental sebagai berikut :
1.  Terhindarnya seseorang dari gejala-gejala gangguan jiwa (neuroses) dan gejala-gejala penyakit jiwa (psychoses)
2. Kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan dimana dia hidup
3.  Pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin sehingga membaur kebahagiasan diri dan orang lain, serta terhindar dari gangguan-gangguan dan penyakit jiwa
4. Terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh natara fungsi-fungsi jiwa serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem yang biasa terjadi dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemapuan dirinya.

Dengan melihat beberapa pengertian diatas, saya yakin masing-masing dari kita tahu dan mengerti apakah mental kita sudah sehat atau tidak. Mungkin Cerita Siesca ini bisa menjadi evaluasi bagi diri kita masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar